Membuat Surat Masal atau Mail marge

Membuat Surat Masal atau Mail marge - sudah lama saya nggak posting, kali ini saya akan posting mengenai mail marge. terkadang kita sering mangalami kesulitan untuk mengelola surat yang sangat banyak.. pernahkan anda mengalami hal tersebut ?? kalau pernah saya juga pernah mengalami hal tersebut. setelah saya belajar menganai pemecahan masalah tersebut saya menggunakan mail marge yang telah disediakan oleh microsoft.
kemudahan yang diberikan microsoft kepada penggunanya adalah dengan memberikan pelayanan yang menyesuaikan dengan kebutuhan. hal ini tidak terkecuali surat masal.

berikut saya akan membagi tips untuk membuat mail marge tersebut.
1. buatlah data anda kedalam microsoft Excel terlebih dahulu, hel ini kana memudahkan dalam mengelola data data yang akan digunakan.
2. setelah data yang diperlukan selesai di masukan ke excel, maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengubah file excel tersebut kedalam bentuk micosoft Access (.mdb).
agar tidak bingung saya kasih caranya ya... hehheee. langkahnya seperti berikut:
a. buat tabel excel seperti berikut:
b. simpan dengan nama data untuk surat masal .xls
c. buka microsoft access dengan cara :
- Start => All Program => Microsoft Office => Ms. Access => Pilih Blank database => Create
- Anda akan disajikan halaman kerja Ms. Access .
- Pilih tab eksternal data
- Import dari Excell
- Pilih sheet yang akan di import kedalam access,
- pilih semua (All)

Baca juga : cara mengerjakan soal deret matematika

3. Buka Microsoft Word (jika sudah memiliki file surat, cukup open file anda tersebut)

4. Ketik surat yang ada akan buat misalnya surat pemberitahuan libur sekolah SMK/MA.

5. Setelah format telah selesai kita buat, pada Ms. Word kita pilih menu Mailings >> Start Mail Merge >>Step by Step Mail Merge Wizard.

6. Lalu akan muncul menu disamping kanan Ms. Word, Selanjutnya pada menu Select Document Type, pilih Letters >> Next: Starting Document.

7. selanjutnya pada menu Select starting document, pilih Use the current document >> Next:Select Recipients

8. Pada menu Select recipients, pilih Use an existing list, selanjutnya pilih file Ms. Access yang disimpan tadi pada menu Browse, pada saat kita membuka file Ms. Access yang telah kita simpan tadi, akan mucul sheet yang ada pada file Ms. Access tadi. Selanjutnya kita pilih sheet yang telah kita berinama tadi tempat data tersimpan. Setelah dipilih , lalu lanjutkan dengan memilih Next: Write your letter

9. pilih field yang akan ditampilkan.
10. Untuk menampilkan data , pilih menu Preview Result
11. Selesai data sudah integrasi dengan micorosoft Access tadi.
sekian tutorial ini semoga bermanfaat..

Lihat juga video cara mengerjakan tes wartegg.. dibawah ini..

0 Response to "Membuat Surat Masal atau Mail marge "

Posting Komentar